advertisement

Airlangga Sutjipto Dan Atep Diajak Gabung Oleh Eka Ramdani Dalam Mengenang Momen Persib

Saturday, January 9th, 2021 - Sepak Bola
advertisement

Airlangga Sutjipto Dan Atep Diajak Gabung Oleh Eka Ramdani Dalam Mengenang Momen Persib – Mantan striker Persib Bandung Airlangga Sutjipto berbincang dengan tim asal Jawa Barat itu tentang awal kariernya. Jelas, peran Eka Ramdani ada di balik suksesnya masuk ke The Blue Prince. Airlangga Sutjipto adalah striker lokal yang bisa bermain beberapa menit melawan penyerang asing yang aktif di liga Indonesia. Pria kelahiran 22 November 1985 ini tercatat mengenakan sejumlah klub untuk mengikuti tingkat kompetisi tertinggi. Selain Persib, Airlangga juga mengenakan seragam Delta Sidoarjo, Semen Padang, dan Sriwijaya FC. Ia juga memperkuat timnas Indonesia dari junior hingga senior.

Nama panggilan Airlangga, Ronggo, mengungkapkan kariernya di dunia sepak bola di kanal Youtube Republik Bobotoh TV. Ia memulai dengan mengikuti sekolah sepak bola di gedung Bank Bank Pancoran, Jakarta Selatan. Saat itu, Rong Guo masih duduk di bangku sekolah dasar. Sebelum SSB mendalami sepakbola, Ronggo sudah mengenal kulit bulat. Selain itu, kedua orang tuanya memiliki latar belakang pemain bola. Ayahnya Bambang Sutjipto dulu memakai kostum Persija. Ibu Yati Sumaryati juga merupakan pemain sepak bola Putri Priangan (Putri Priangan). “Padahal, saat masih dalam kandungan, ibu saya masih sempat memperkuat timnya,” kata Airlangga.

Melihat bakat sang anak, Bambang meminta Ronggo untuk berlatih di Ajax Academy di Belanda. Namun, Rongguo menolak alasannya tidak berani pergi ke luar negeri sendirian. Saat itu, mendiang legenda timnas Ronny Pattinasarani menjadi pelatih SSB ASIOP Apacinti, dan ia meliriknya. Rong Ge mengenang: “Almarhum belajar banyak tentang sepak bola.” Latihan di SSB ASIOP Apacinti membuka jalan bagi Ronggo untuk memperkuat banyak tim dari tingkat pelajar hingga Pra-PON DKI. Ia pun memperkuat tim Porda Bogor. Menariknya, meski ayahnya menjadi agen Persija di Jakarta, Ronggo adalah pemain profesional pertama Deltras Sidoarjo. Ronggo direkrut oleh manajemen Deltras dan dia sedang membangun tim pemain muda. Kebetulan, Ronggo baru saja memperkuat timnas U-20.

“Ayah selalu menekankan kepadaku bahwa kita harus selalu bekerja keras untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.” Kiprahnya di Del Terras membuat Ronggo masuk dalam daftar rekrutmen timnas Peter White U-23 untuk persiapan Olimpiade Laut 2007. Ronggo tinggal bersama rekan setim juniornya Atep dan Lakadani. Satu ruangan. Ronggo menjelaskan: “Atep masih di Persija saat itu. Eka sudah ada di Persib.
Sumber : https://www.bola.com/indonesia/read/4451986/kenang-momen-di-persib-airlangga-sutjipto-saya-dan-atep-diajak-gabung-oleh-eka-ramdani

advertisement
Airlangga Sutjipto Dan Atep Diajak Gabung Oleh Eka Ramdani Dalam Mengenang Momen Persib | admin | 4.5