advertisement

Materi matematika dalam dunia sepak bola

Thursday, January 7th, 2021 - Sepak Bola
advertisement

Materi matematika dalam dunia sepak bola – Saat belajar matematika, meningkatkan motivasi dan apresiasi sama pentingnya dengan meningkatkan prestasi akademik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan lingkungan yang akrab dan disukai siswa. Olahraga merupakan bidang yang disukai hampir setiap siswa, khususnya sepak bola. Membawa lingkungan sepak bola ke dalam pembelajaran matematika sebagai sumber belajar dan hiburan dapat membantu meningkatkan keingintahuan, pemikiran reflektif / kritis, dan tentunya meningkatkan apresiasi terhadap matematika.

Bilangan pada Jumlah Pemain, Cadangan, dan Wasit
Dalam sebuah pertandingan sepak bola, setiap tim memiliki 11 pemain yang salah satunya adalah seorang penjaga gawang. Karena ada 2 tim dan 1 wasit dalam setiap pertandingan maka ada 23 orang yang berada di lapangan selama pertandingan berlangsung. Di antara wasit langsung (linemen, asisten wasit) yang membantu wasit utama di tempat kejadian, 2 orang bertugas di kiri dan kanan yang berlawanan. Sesuai aturan FIFA 2012-2013, selain memberangkatkan 11 pemain utama, setiap tim sepak bola juga bisa memperkenalkan calon alternatif. Biasanya, dalam pertandingan resmi, maksimal 3 pemain bisa diganti. Selain itu, menurut aturan permainan yang diterima, banyak pemain pengganti yang bisa mencapai 7 pemain. Pada saat yang sama, untuk pertandingan antar tim yang mewakili negara, hingga 6 pemain dapat diganti.

Pengukuran pada Durasi Permainan
Permainan ini dimainkan dua kali selama 45 menit (2 putaran). Waktu permainan dapat bervariasi sesuai dengan kesepakatan antara kedua tim dan wasit sebelum permainan dimulai. Karenanya, total durasi permainan setidaknya 90 menit. Waktu istirahat antara kedua bagian tidak boleh lebih dari 15 menit.

Peluang pada permulaan pertandingan
Dalam setiap pertandingan sepak bola, undian diundi untuk menentukan tim mana yang akan memenangkan pertandingan lebih dulu. Untuk itu, wasit harus melambaikan koin untuk menentukan tim mana yang lebih dulu menendang bola. Tim yang kalah imbang harus mulai bermain lebih dulu, dan tim pemenang akan bermain lebih dulu di babak kedua.

Geometri pada Bola
Ketika bola sepak pertama kali muncul (dan sekarang sudah banyak pola), banyak digunakan pola geometris, yaitu salah satu bentuk ruang Archimedes, yaitu ikosahedron terpotong.
Sumber : https://www.kompasiana.com/aldirizky/5ff2782cd541df22a456cfc5/matematika-dalam-olahraga-sepakbola

advertisement
Materi matematika dalam dunia sepak bola | admin | 4.5